belirumah

Selasa, 31 Agustus 2010

Marketting bagi masyarakat atau awam

Marketing merupakan bidang, ilmu, tantangan dan segalanya bagi bisnis, walau marketing tidak hanya ada di dunia bisnis, karena sebenernya setiap orang secara personal memarketingking diri sendiri. Perbedaannya adalah ekpektasi/harapan dan metode nya.
Materi “marketing untuk orang awam “ sengaja saya hadirkan agar semua istilah dalam web ini dipahami oleh segala lapisan masyarakat.

Segmentasi yang terjemahan dari Segmentation adalah kegiatan atau bentuk kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang homogen.
Manfaat dari segmentasi pasar ini agar menajemen dapat melakukan kegiatan pemasaran yang efisien dan efektif. Ambil sebuh contoh untuk sebuah produk obat batuk anak-anak akan efektif jika mengiklannya berbarengan dengan even TV baik offline maupuan online, misal PILDACIL, IDola Anak dan lain-lain yang setipe. Coba jika promosi dilakukan ke pasar-pasar tradisional yang notabene konsentrasi personal tidak tertuju pada kepentingan anak semata, bisa saja pengunjung danpedangan pasar sedang memikirkan bagaimana menjual barang, membayar hutang dll.

Contoh kedua. Ketika anda menjabat sebagai marketing excutive sebuah perusahaan real estate dengan produk perumahan yang mewah dengan rata-rata harga rumah 2 Miilyar, tentu kurang efektif jika anda melakukan promosi saat ada kegiatan Musik dan Band lembaga mahasiswa.
Manfaat lain dari segmentasi pasar:

1. Membantu manajemen dalam merencanakan dan menentukan produk dan layananan yang sesuai dengan permintaan pasar Dapat memilah-milah media promosi yang efektif untuk dapat masuk ke masing-masing segmen pasar. Misal Radio efektif untuk kaum pinggiran dan pedesaan, Koran untuk karum terpelajar dan kantoran.
2. Membantu bidang keungan dalam perencanaan anggaran dan evaluasi penggunaan anggaran.
3. Membantu manajemen menentukan timing dan momentum yangtepat untuk kegiatan perusahaan terutama kegiatan berbasis marketing, misal pameran, bhakti social, iklan offline, aktifitas off air.

Contoh model pengelompokan dalam segmentasi pasar yang umum sebagai berikut:

1. Dibagi atas dasar Umur
2. Dibagi atas dasar Jenis Kelamin
3. Dibagi atas dasar Siklus Kehidupan
4. Dibagi atas dasar Pekerjaan
5. Dibagi atas dasar PEndapatan
6. Dibagi atas dasar Pendidikan
7. Dibagi atas dasar Pekerjaan
8. Dibagi atas dasar Opini, Sikap dan Kepribadian.

Contoh model tersebut ditas dapat pula dikelompokan dari faktor diatasnya misal:

1. Faktor demografi, faktor yang ditentukan dari “siapa yang membeli/transaksi”
2. Faktor Psikografi, faktor yang ditentukan oleh “mengapa mereka membeli/transaksi”
3. Faktor Perilaku, faktor yang ditentukan oleh “bagaimana mereka membeli/transaksi”

Selamat mempelajarinya, dari contoh-contoh yang ada semoga pemahaman marketing anda semakin baik. Saya coba sajikan pemahaman yang simpel, tidak bertele-tele dan uperp pragmatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar